Saturday, April 28, 2007

Road Show CASA


Sebagai acara rutin bagi anggota CASA,malam Ahad atau Sabtu malam 28/04 di Lapangan Basket Putri diadakan Road Show CASA. Acara ini digelar untuk memberikan kesempatan bagi santriwati khsususnya untuk ikut menikmati indahnya langit malam.

Suasana sangat mendukung malamitu,karena udara cukup cerah tidak hujan dan pemandangan di langit tampak jelas sebuah objek bidik yakni bulan yang hari ini sekitar berumur 10 hari atau sekitar 80% tampak permukaannya.

Peralatan sederhana yang kita siapkan antara lain; binokuler, teleskop, kamera digital, dan peta langit yang kita print out, disertai pula pedoman data real time dari laptop posisi benda-benda langit yang muncul ketika itu.

Sasaran kita malam itu cukup dua, pertama rembulan yang secara praktis agak sulit dilihat karena posisi tegak di atas kepala (mendekati zenit), dan planet Jupiter yang malam itu sekitar jam 09.30 WIB masih berada di belahan langit timur laut.

Jupiter dengan mata telanjang saat itu menempakkan cahaya cukup cerah dengan amplitudo sekitar -2.7. Planet ini saat dilihat dengan teleskop bias 800x60 cm buatan Pudak Science Bandung, mampu terlihat bagian tengahnya yang melintang ke arah vertikal.

Acara kurang banyak menarik minat santri, karena malam itu kegiatan wajib santri adalah tazwidul lughoh atau penambahan kosa kata bahasa arab. Tampak kebanyakan peserta adalah anggota tetap CASA. Usai dan sembari melihat bintang lain yang mungkin, pihak pengurus putri bermusyawarah untuk mengadakan pelatihan rukyah bagi santriwati dan sekaligus praktik bulan depan, yakni sekitar 18 Mei 2007.

Sekitar jam 22.15 WIB acara disudahi karena jam tidur resmi adalah 22.00 WIB. Semua peralaan dibenahi dan dikembalikan ke Lab. Astronomi. Sampai jumpa pada Road Show berikutnya.

No comments: